Pembelajaran Keterampilan Membaca Paragraf Topik Budaya Menggunakan Teknik Tugas Menyalin dan Teknik Tes
DOI:
https://doi.org/10.55909/gj.v3i1.87Keywords:
pembelajaran keterampilan membaca, paragraf topik budaya, teknik tugas menyalin , teknik tesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf topik budaya menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melalui bahan ajar khusus; 2) hasil pembelajaran keterampilan membaca paragraf topik budaya menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melalui bahan ajar khusus. Penelitian ini dilaksanakana di SD Islam Terpadu Al-Fitrah pada semester ganjil tahun ajar 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah 19 siswa kelas 6 yang mengikuti pembelajaran keterampian membaca paragraf terpadu menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes. Penelitian ini menggunakan sampel total yang bermakna jumlah sampel ini sama dengan jumlah populasi. Untuk mengumpulkan data prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf topik budaya menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melalui bahan ajar khusus digunakan pedoman observasi. Untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan instrumen berbentuk tes keterampilan membaca paragraf topik budaya berbentuk pilihan ganda 4 opsi. Data prosedur pembelajaran dianalisis menggunakan pendekatan tematik. Data keterampilan membaca paragraf topik budaya dinanalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca paragraf topik budaya menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melalui bahan ajar khusus melibatkan 2 kegiatan awal, 17 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) hasil pembelajaran keterampilan membaca paragraf topik budaya menggunakan teknik tugas menyalin dan teknik tes melalui bahan ajar khusus mencapai mean 82,02 dengan nilai minimal 75,00 dan nilai maksimum 100,00.