Pembelajaran Repetisi Membaca Lanjut Berbasis Cerita Rakyat Papua Menggunakan Metode Tunjuk Random
DOI:
https://doi.org/10.55909/gj.v2i3.75Keywords:
pembelajaran repetisi, membaca permulaan, metode tunjuk randomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca permulaan berbasis cerita rakyat Papua menggunakan metode tunjuk random; 2) hasil belajar pembelajaran keterampilan membaca permulaan berbasis cerita rakyat Papua menggunakan metode tunjuk random. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Melalui metode ini dideskripsikan data keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini berlangsung di bulan Agustus 2024. Waktu penelitian ini digunakan untuk mereproduksi cerita rakyat Papua yang mengisahkah Raja Empat, menyiapkan Lembar Kegiatan Siswa yang berisi cerita rakyat Papua, menyiapkan lembar penilaian membaca permulaan yakni membaca bersuara teks cerita rakyat Papua, dan menyiapkan daftar cek-ricek yang berfungsi untuk memvalidasi data. Waktu penelitian ini dipakai juga untuk pelaksanaan pembelajaran, kegiatan analisis data, dan pelaporan versi artikel ilmiah jurnal online. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 5 SD Negeri 2 Merauke yang mengikuti pembelajaran repetisi membaca permulaan menggunakan metode tunjuk random melalui lembar kerja siswa. Mereka berjumlah 37 siswa. Sampel penelitian seukuran populasi. Data penelitian dikumpulkan menggunakan tes membaca lanjut teks cerita rakyat Papua. Daftar cek-ricek digunakan untuk memvalidasi data penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskripstif. Hasil penelitian: 1) prosedur pembelajaran keterampilan membaca permulaan berbasis cerita rakyat Papua menggunakan metode tunjuk random mencakup 5 kegiatan awal, 38 kegiatan inti, dan 2 kegiatan akhir; 2) keterampilan membaca permulaan berbasis cerita rakyat Papua menggunakan metode tunjuk random mencapai nilai mean 71,65.