Kreativitas Sanggar Tari Mutiara Cimahi dalam Tari Pancasari

Authors

  • Aini Nur Hidayati Prodi Pendidikan Seni Tari, Universitas Pendidikaan Indonesia
  • Welsi Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hanin Afnan Afifah Prodi Pendidikan Seni Tari, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tina Yuli Triana Prodi Pendidikan Seni Tari, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55909/gj.v1i1.7

Keywords:

kreativitas, sanggar tari, Mutiara, tari Pancasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran yang ada di Sanggar Tari Mutiara Cimahi yang meliputi perencanaan, proses, serta hasil pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Tari Mutiara, Kota Cihami, Jawa Barat. Penelitian berlangsung di semester ganjil tahun akademis 2022/2023. Proses penelitian ini mendeskripsikan secara alamiah segala kegiatan yang ada di Sanggar Tari Mutiara Cimahi. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian yakni perencanaan pembelajaran di Sanggar Tari Mutiara Cimahi dengan tidak menggunakan perencanaan tertulis layaknya sebuah RPP dalam pendidikan formal, melainkan perencanaan didasarkan kepada situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik. Evaluasi pembelajaran dilakukan pada setiap materi yang diberikan telah tersampaikan semua, sedangkan untuk evaluasi sanggar dilaksanakan setiap 1 tahun sekali. Kemudian hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti mulai dari perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran di Sanggar Tari Mutiara Cimahi ini terstruktur dengan baik sesuai dengan tujuan dalam perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Terhadap tari Pancasari, kreativitas pembelajaran mencakup penggunaan metode drill, metode demonstrasi, dan imitasi.

Downloads

Published

2023-01-28

Issue

Section

##section.default.title##